Kamis, 07 Juli 2016

Cara mencari orang jujur

   Di dunia yang penuh sandiwara ini, sulit sekali mencari orang jujur. Sering menjadi topik pembicaraan jika ada seorang polisi jujur, atau pembersih toilet yg kembalikan dompet tanpa harap imbalan. Mumpung lagi panas semifinal piala Eropa 2016, saya melihat saat kapten tim Jerman, Bastian Scweisteiger kena bola tangannya tapi saat diberi kartu kuning san penalti, reaksi pertama adalah terkejut dan protes. Saya yakin peraturan itu semua bhkn saya sudah tahu bhw akan dapat penalti. Tapi dasar manusia. Klo bisa kenapa tidak dicoba dulu. Dan wasit tidak terpengaruh. Perancis unggul 1-0. Kenapa ya tidak akui saja kalau handsball. Disinilah kita bisa lihat atau cari orang jujur.
   Selain di sepakbola, cari orang jujur bisa di lampu merah. Lihatlah siapa yang taat lalulintas. Tidak menerobos meski sepi dan tidak ada kendaraan. Karena jika kerja, tanpa ada yang awasi, orang ini juga akan bekerja dengan jujur. Demikian dulu usul saya. Bisa juga di tempat lain, ini yang baru terpikir oleh saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar