Senin, 23 Mei 2016

Problem Yang Biasa Dihadapi Pianis Pemula Dewasa Dan Solusinya

      Orang dewasa saat ini cukup banyak yang ingin belajar piano. Orang dewasa yang dimaksudkan disini adalah yang sudah kuliah atau bekerja. Bahkan ada yang sudah mapan, baru ingin belajar. Sebabnya macam-macam.
1. Supaya bisa memantau perkembangan musik anak.
2. Ingin menikmati hidup dengan bisa memainkan lagu yang disuka. Biasanya saat sudah cukup mapan atau dimasa pensiun.
3. Karena ada instrumen yang tidak terpakai di rumah.
4. Dll.

Selain dana sudah ada, kemauan juga ada, tetapi biasanya orang dewasa
tidak mau untuk belajar seperti anak-anak yang belajar baca not balok dan teori. Orang dewasa biasanya ingin hasil yang segera, sesederhana apapun pelajarannya.
Masalah yang paling krusial adalah jam latihan. Karena tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Metode boleh beda. Kerja keras tetap merupakan syarat mutlak. Byk yg beralasan bahwa mereka tidak berbakat, pdhl itu cuma alasan krn mrk malas!
Ada pula yang mmg kesulitan mengatur waktu latihan, sehingga akhirnya harus berhenti mengejar impian. Ini adalah hal terakhir yang sebisanya dihindari karena kurang tekun. Dari 7 murid biasanya cuma 2 yang bertahan. Alasan bisa dibuat, tetapi intinya adalah kurang tekun. Tekun dlm mencari waktu latihan dan tekun terhadap diri sendiri.
Bukan guru yg menyerah, kebanyakan, tetapi justru murid. Bukan karena guru dibayar ataupun tidak dibayar. Karena saya sudah mengajar baik dibayar ataupun tidak. Memang ada bbrp perbedaan, tetapi ketekunanlah yg sgt menjadi masalah.
Mungkin masih byk masalah yang pembaca alami? Bisa tulis di comment. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar