Selasa, 10 Mei 2016

Mengetahui kehendak Tuhan

     Sebuah tema yg sulit utk dijabarkan dan dicari solusinya. Ijinkan saya membagi berkat yang saya dapatkan hari ini dari pdt. Peter Wong, D.min, bgm mengetahui apa kehendak Tuhan. Ini penting karena banyak orang Kristen yang memiliki masalah dan mencari kehendak Tuhan, tetapi tidak merasa atau mengetahui jawaban Tuhan atas doa mereka. Baik masalah jodoh, pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dll.
     Solusi yg ditawarkan beliau bukanlah 'hanya' berdoa, meski beliau akui itu juga penting. Solusi yg ditwrkn adl:
1. Kemauan. Klo ada kemauan, pertimbngkn apkh kenauan itu dr Tuhan. Jgn segera mengeraskn hati atau jg sebaliknya, mengikuti kemauan dg mengejarnya mati2 an. Mari uji apkh kemauan itu sesuai dg apa yg Tuhan inginkan. Fil 4:8.
2. Kemampuan. Untuk bisa melakukan sesuatu dibutuhkan kemampuan, baik kemampuan alami atau kemampuan yang didpt dari latihan dan disiplin. Klo tdk mampu, jgn memaksakan diri, tp jg jgn jd alasan utk tdk berlatih pdhl sudah diberi 1 talenta.
3. Kenyamanan. Nyaman disinu bukan berarti langsung mendapatkan kenyamanan, oh ini pasti jawaban Tuhan. Bisa saja kenyamanan itu justru cobaan. Kenyamanan disini berarti enjoyment. Menikmati saat melakukannya, meski sampai lembur, seperti org main game, ttp dlm hal yg positif, ya? Klo tdk nyaman jg bkn brarti lgsg bukan jln kita. Tp kita perlu pikir ulang. Bhkn Yesuspun tdk nyaman di salib, ttp Ia taat sampai mati di kayu salib.
4. Common sense. Akal sehat. Tdk slalu Tuhan ksh mujizat utk doa2 kita. Tp lwt kejadian sehari2, kita dituntut untuk peka terhadap sinyal2 yg Tuhan bri.  Salah satunya lewat akal sehat. Pikirkan apa yg slma ini terjadi. Mengapa begini, mengapa begitu, instrospeksi dan berani terbuka, bertanya kpd yg ahli. Bkn cm doa tp tdk mau bljr atau cari tahu.
5. Dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar